TANAMAN AGLAONEMA ZPT, zat perangsang tumbuh bukan hara atau pupuk, namun zat ini berfungsi untuk membantu proses penyerapan hara. Jadi, pemberian ZPT harus diiringi pemupukan dengan takaran yang pas. ZPT adalah hormone sintesis buatan manusia. Zat perangsang tumbuh ini bisa dibeli ditoko sarana pertanian. Harga bervariasi, dengan merk dagang beragam pula.

Sebelum berbelanja sebaiknya kenali dulu jenis ZPT dan fungsinya. Berdasarkan kandungan bahan aktifnya, zat perangsang tumbuh bisa dibedakan menjadi 5 kelompok, yaitu auksin, giberelin, sitokinin, asam absisat, dan etilen. Setiap kelompok memiliki fungsi berlainan.


PERANGSANG AKAR TANAMAN AGLAONEMA.

Auksin mampu merangsang pertumbuhan akar. Auksin, NAA atau IBA biasanya dijual dalam bentuk srbuk putih. Nama produk yang beredar dipasaran, salah satunya adalah Rootone F. Cara penggunaannya dicampur dengan sedikit air hingga menyerupai pasta. Pasta putih itu lantas dioleskan dibagian pangkal setek atau cangkokan.

Auksin sering juga dicampur dengan vitamin B. Ramuan ini sebagai penegah stres pada tanaman. Contoh nama dagang zat ini yaitu B1.

B1 cocok diaplikasikan untuk tanaman yang usai menjalani repoting atau pengiriman jarak jauh, untuk aglaonema, hasilnya persentase kematian tanaman menjadi lebih kecil.

Auksin berasal dari bahasa Yunani, Auxein berarti ”meningkatkan”. Dipasaran, auksin alias asam indolasetat disebut IAA. Beberapa zat sintesis berfungsi sama seperti auksin, yaitu asam alfa naftalen asetat atau NAA, asam 2,4-diklorofenaoksiasetat atau 2,4 D, dan asam 2-metil-4-klorofenoksiasetat atau MCPA.

Produk lain yang mengandung auksin adalah atonik. Ia mengandung asam 2,4-diklorofenaoksiasetat atau 2,4 D. Zat aktif itu dalam konsentrasi rendah berfungsi mempercepat pertumbuhan tanaman. Namun, bila kadarnya tinggi justru menghambat pertumbuhan. Bahkan menjadi herbisida. Makanya mesti mematuhi aturan pakai.


MEMICU TUNAS DAN BUAH.

ZPT berikutnya yakni giberelin. Ia mampu merangsang pemanjangan akar dan batang, mempercepat perkecambahan biji, dan memperbanyak jumlah buah. Giberelin juga sering digunakan sebagai bahan pencetak tanaman penghasil buah tanpa biji.

Dipasaran, giberelin juga sering dicampur dengan pupuk tanaman. Keberadaannya bisa diketahui dari komposisi bahan yang tertera dikemasan. Biasanya giberelin dinamai GA. Beberapa produk giberelin bisa dibeli ditoko pertanian, antara lain bernama dagang ProGibb dan Gibbro.

Nama giberelin berasal dari nama jamur GIBBERELLA FUJIKUROI. Jenis jamur penghasil hormon penghasil giberelin. Semua giberelin bersifat asam, sehingga dinamai asam giberelat. Sering disingkat GA.

Zat perangsang ini juga bisa mempercepat pertumbuhan biji tanaman pachypodium. Biji direndam selama 30 menit – 1 jam dalam 200 ml air yang ditambah dengan setetes giberelin.

Agar tanaman lekas bertunas dan memiliki banyak anakan, pergunakan sitokinin. Nama sitokinin berasal dari kata CYTOKINESE, atau hormon yang mampu merangsang pembelahan sel. Salah satunya dengan merk dagang Novel Grow. Zat perangsang ini banyak diterapkan oleh petani anthurium dan agloanema untuk merangsang produksi anakan.

Kalau mau anakannya bisa banyak, tanaman disemprot dengan Novel Grow 2-3 minggu sekali. Selang tiga hari berikutnya diberi pupuk dengan kandunga nitrogen tinggi.
Ada lagi zat perangsang asam absisat dan etilen. Keduanya kurang populer dikalangan pengemar tanaman hias. Namun, perannya sangat dibutuhkan dalam bidang perkebunan. Etilen sering dipakai sebagai perangsang proses pembungaan tanaman nanas. Juga kerap digunakan untuk memicu proses pemasakan buah. Etilen dijual dalam bentuk bongkahan karbit. Sementara itu, asam absisat atau ABA banyak digunakan sebagai herbisida. Zat pembasmi gulma di perkebunan bersekala besar.


Pilihlah ZPT sesuai kebutuhan.

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: